Rabu, 27 Juli 2011

RAM (random access memory)



RAM (random access memory) adalah tempat di komputer dimana sistem operasi, program aplikasi, dan data yang digunakan saat ini disimpan sehingga mereka dapat dengan cepat dicapai dengan prosesor komputer. RAM jauh lebih cepat untuk membaca dari dan menulis ke jenis lain dari penyimpanan dalam komputer, hard disk, floppy disk, dan CD-ROM. Namun, data dalam RAM hanya tinggal di sana selama komputer Anda berjalan. Ketika Anda mematikan komputer, RAM kehilangan data. Ketika Anda menghidupkan komputer Anda lagi, sistem operasi dan file lainnya sekali lagi dimuat ke dalam RAM, biasanya dari hard disk Anda.

RAM dapat dibandingkan dengan memori jangka pendek seseorang dan hard disk ke memori jangka panjang. Memori jangka pendek berfokus pada pekerjaan di tangan, tapi hanya dapat menyimpan begitu banyak fakta dalam pandangan pada satu waktu. Jika memori jangka pendek mengisi, otak Anda kadang-kadang dapat me-refresh dari fakta-fakta disimpan dalam memori jangka panjang. Sebuah komputer juga bekerja dengan cara ini. Jika RAM mengisi, prosesor perlu terus pergi ke hard disk untuk overlay data lama dalam RAM dengan yang baru, memperlambat


bawah operasi komputer. Berbeda dengan hard disk yang dapat menjadi benar-benar penuh data sehingga tidak akan menerima lagi, RAM tidak pernah kehabisan memori. Ini membuat operasi, tapi jauh lebih lambat daripada yang Anda inginkan.

Berapa Besar RAM?
RAM kecil, baik dalam ukuran fisik (itu disimpan dalam microchip) dan jumlah data yang dapat terus. Ini jauh lebih kecil dari hard disk Anda. Sebuah komputer biasa mungkin datang dengan 256 juta byte RAM dan hard disk yang dapat menampung 40 miliar byte. RAM datang dalam bentuk "diskrit" (artinya terpisah) microchip dan juga dalam bentuk modul yang plug ke dalam lubang di motherboard komputer. Lubang ini terhubung melalui bus atau jalur listrik set ke prosesor. Hard drive, di sisi lain, menyimpan data pada permukaan magnet yang terlihat seperti piringan hitam.
Sebagian besar komputer pribadi yang dirancang untuk memungkinkan Anda untuk menambahkan modul RAM tambahan sampai batas tertentu. Memiliki lebih RAM di komputer Anda mengurangi jumlah kali bahwa prosesor komputer telah membaca data dalam dari hard disk Anda, sebuah operasi yang memakan waktu lebih lama dari membaca data dari RAM. (Waktu akses RAM dalam nanodetik, waktu akses hard drive dalam milidetik.)Mengapa Random Access?
RAM disebut "random access" karena setiap lokasi penyimpanan dapat diakses langsung. Awalnya, dibedakan istilah memori inti reguler dari memori secara offline, biasanya pada pita magnetik di mana sebuah item data hanya dapat diakses dengan memulai dari awal pita dan menemukan alamat berurutan. Mungkin seharusnya disebut "memori nonsequential" karena akses RAM hampir tidak acak. RAM terorganisir dan dikendalikan dengan cara yang memungkinkan data yang akan disimpan dan diambil langsung ke lokasi tertentu. Perhatikan bahwa bentuk lain dari penyimpanan seperti hard disk dan CD-ROM juga diakses secara langsung (atau "acak") tetapi akses acak jangka tidak diterapkan untuk bentuk-bentuk penyimpanan.
Selain disk, floppy disk, dan CD-ROM penyimpanan, bentuk lain yang penting penyimpanan adalah read-only memory (ROM), semacam lebih mahal dari memori yang menyimpan data bahkan ketika komputer dimatikan. Setiap komputer dilengkapi dengan sejumlah kecil ROM yang memegang cukup pemrograman sehingga sistem operasi dapat dimuat ke dalam RAM setiap kali komputer dihidupkan.

Loading

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites